NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific Jadi Salah Satu Ajang Unggulan

- Editor

Selasa, 30 April 2024 - 16:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Edisi Asia Pasifik dari ajang Retail’s Big Show asal New York City untuk pertama kalinya akan digelar di Singapura guna mentransformasi pengalaman konsumen pada era ritel baru

TANJUNGPURA.ID (SINGAPURA) — National Retail Federation (NRF)  dari Amerika Serikat (AS) dan penyelenggara ajang global Comexposium untuk pertama kalinya menggelar NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific, salah satu konferensi dan pameran yang paling terkemuka dan dinantikan, di Singapura pada 11-13 Juni 2024 di Sands Expo and Convention Centre. ( 3 April 2024)

Ryf Quail, Managing Director, NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific, Comexposium (left), Poh Chi Chuan, Executive Director, Exhibitions and Conferences, Experience Development Group, Singapore Tourism Board (STB) and David Mann, Chief Economist, Asia Pacific, Mastercard (extreme right).
Ryf Quail, Managing Director, NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific, Comexposium (left), Poh Chi Chuan, Executive Director, Exhibitions and Conferences, Experience Development Group, Singapore Tourism Board (STB) and David Mann, Chief Economist, Asia Pacific, Mastercard (extreme right).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Retail’s Big Show adalah ajang unggulan di industri ritel global yang berlangsung di New York City setiap tahun. Ajang ini tercantum dalam daftar 200 pameran terbesar di Amerika utara, dan daftar 50 pameran dagang dengan perkembangan terpesat di seluruh dunia.

Didukung Singapore Tourism Board (STB), Retail’s Big Show edisi Asia Pasifik akan digelar di Singapura untuk pertama kalinya pada tahun ini. Berkat lokasi strategis, serta status Singapura yang telah lama menjadi pusat bisnis regional, NRF memutuskan untuk mengadakan Retail’s Big Show yang pertama di Asia Pasifik. Ajang ini akan mempertemukan para pemimpin dan perusahaan di industri ritel untuk berkolaborasi pada level regional.

Mengusung tema “Fast Track Your Success”, NRF APAC 2024 menampilkan berbagai program konferensi, pameran, dan tur ke gerai ritel yang luar biasa selama tiga hari pada Juni mendatang. Rangkaian kegiatan ini juga mengulas teknologi dan inovasi terkini, praktik terbaik, serta perspektif menarik di seluruh industri ritel, seperti kecerdasan buatan (AI) dan machine learning, rantai pasok, mekanisme pencegahan kehilangan produk dan proteksi aset, serta merchandising dan teknologi imersif.

Baca Juga :  Chinatown Mid-Autumn Festival 2024 Rayakan Tradisi Yang Penuh Kegembiraan Secara Lintas Generasi

“Asia Pasifik adalah pasar ritel terbesar di dunia, namun masih tergolong wilayah yang belum terlayani dengan baik. Pasar yang dinamis dan beraneka ragam ini tengah memasuki era transformatif, terutama ketika paradigma ritel yang konvensional tidak lagi memadai untuk memenuhi permintaan pelanggan yang cepat berubah,” ujar Ryf Quail, Managing Director, NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific, Comexposium. “Era digital membutuhkan konsep ritel yang baru, tepatnya konsep ritel yang menyelaraskan pengalaman pelanggan berformat fisik dan dipersonalisasi, serta memanfaatkan data dan teknologi guna mewujudkan proses omnichannel yang nyaman. Maka, inovasi model ritel bukan lagi merupakan pilihan, namun hal yang harus dilakukan demi merebut perhatian konsumen Asia Pasifik saat ini, serta mengarahkan perkembangan industri menuju pertumbuhan berkelanjutan dan relevansi.”

Dihuni 60% penduduk dunia, Asia Pasifik merupakan pasar masif bagi industri ritel yang telah mengalami perkembangan luar biasa. Perkembangan ini didorong oleh jumlah penduduk yang besar di Asia Pasifik, maraknya urbanisasi dan kemunculan megalopolis, serta kepiawaian konsumen memakai teknologi canggih untuk mengakses produk dan layanan. Tren-tren besar ini menuntut konsep ritel baru yang segera merombak pengalaman konsumen di Asia Pasifik, baik pada kanal daring dan gerai fisik.

Enterprise Singapore, instansi pemerintah Singapura yang memperjuangkan perkembangan perusahaan, mendukung Singapore Retailers Association untuk menggelar tur ke gerai ritel bagi peserta pameran, serta menghadirkan pemain teknologi ritel di Singapura untuk berpameran di paviliun pameran nasional.  Jeannie Lim, Assistant Chief Assistant Officer (Lifestyle & Consumer), Enterprise Singapore, berkata, “Kami gembira mendukung ajang perdana NRF 2024: Retail’s Big Show di Asia Pasifik. Sebagai pusat gaya hidup dan pariwisata di Asia, Singapura menjadi destinasi ideal bagi berbagai merek global dan lokal yang ingin berekspansi di tingkat regional. Lewat ajang ini, kami menyambut baik peluang dan kolaborasi baru antara berbagai merek dan mitra yang ingin menghadirkan inovasi dan mentransformasi produk dan layanan, serta menghadirkan pengalaman menarik dan imersif bagi kalangan pembelanja.”

Baca Juga :  SCG Cleanergy dan Rondo Energy Gunakan Heat Battery Pertama di Dunia Dukung Produksi Semen

“Sebagai peritel terbesar di Singapura, kami ingin mengantisipasi pola belanja dan preferensi pelanggan. Teknologi dan data telah membantu kami mempelajari kebutuhan konsumen dengan lebih baik, serta memberikan kenyamanan dan aksesibilitas yang optimal bagi pelanggan. Digitalisasi juga meningkatkan daya saing, efektivitas, dan efisiensi kami, serta mendukung terobosan untuk merombak industri ritel di berbagai titik interaksi pelanggan selama beberapa tahun terakhir,” jelas Vipul Chawla, Group CEO, FairPrice Group.

“Setelah arus kunjungan lintaswilayah dari Tiongkok kembali normal hingga menuju level prapandemi, jumlah wisatawan Tiongkok yang semakin meningkat akan menjadi stimulus bagi peritel di sejumlah lokasi, seperti Singapura, Jepang, Thailand, Australia, dan Hong Kong,” kata David Mann, Chief Economist, Asia Pasifik, Mastercard. “Pada saat bersamaan, pengeluaran konsumen Asia Pasifik pun kian meningkat untuk membeli makanan dan bersantap di restoran, serta membeli tiket konser dan ajang berskala besar. Salah satu contoh, omzet ritel di Melbourne biasanya meningkat di atas 10% pada masa penyelenggaraan turnamen tenis Australian Open.”

Maka, ajang selama tiga hari ini akan menghadirkan 300+ ekshibitor dan 5.000+ pemimpin industri ritel di Asia Pasifik dan dunia untuk berbagi perspektif dan praktik terbaik, berjejaring dengan pelaku industri lain, serta menyaksikan teknologi dan inovasi terkini yang mentransformasi pengalaman konsumen pada era ritel baru.

Berita Terkait

Joyday Kembangkan Kolaborasi dengan Tempat Wisata Lokal, River World Pancuran Mas dan Distributor
Yok Kite Bejumpe: Bank Kalbar Gelar Business Gathering di Jakarta, Dukung Pengembangan UMKM Kalbar
Tingkatkan Kepedulian terhadap Aset dan Personil, PLN Inspeksi Infrastrukur Kelistrikan Kalteng Jelang Siaga Natal dan Tahun Baru
Semen Merah Putih Dorong Kolaborasi Untuk Menghadirkan Bangunan Berkualitas dalam Program 3 Juta Rumah
Jelang Nataru, EVP HSSE PLN Pastikan Kesiapan Sistem Keamanan Obyek Vital Kelistrikan Kalimantan Selatan
Persiapan Nataru 2024, Kakorlantas Polri Tinjau Jalur Merak Hingga Ketapang
Jelang Natal dan Pergantian Tahun, PLN Pastikan Kesiapan Instalasi Kelistrikan di Tanah Bumbu
Srikandi PLN Tingkatkan Kesadaran Kelistrikan untuk Generasi Emas Kalbar di Hari Anak Sedunia

Berita Terkait

Senin, 9 Desember 2024 - 13:06 WIB

Joyday Kembangkan Kolaborasi dengan Tempat Wisata Lokal, River World Pancuran Mas dan Distributor

Senin, 9 Desember 2024 - 12:38 WIB

Yok Kite Bejumpe: Bank Kalbar Gelar Business Gathering di Jakarta, Dukung Pengembangan UMKM Kalbar

Minggu, 8 Desember 2024 - 19:55 WIB

Tingkatkan Kepedulian terhadap Aset dan Personil, PLN Inspeksi Infrastrukur Kelistrikan Kalteng Jelang Siaga Natal dan Tahun Baru

Selasa, 3 Desember 2024 - 07:36 WIB

Semen Merah Putih Dorong Kolaborasi Untuk Menghadirkan Bangunan Berkualitas dalam Program 3 Juta Rumah

Senin, 2 Desember 2024 - 21:07 WIB

Jelang Nataru, EVP HSSE PLN Pastikan Kesiapan Sistem Keamanan Obyek Vital Kelistrikan Kalimantan Selatan

Sabtu, 30 November 2024 - 19:11 WIB

Jelang Natal dan Pergantian Tahun, PLN Pastikan Kesiapan Instalasi Kelistrikan di Tanah Bumbu

Sabtu, 30 November 2024 - 17:17 WIB

Srikandi PLN Tingkatkan Kesadaran Kelistrikan untuk Generasi Emas Kalbar di Hari Anak Sedunia

Jumat, 29 November 2024 - 21:56 WIB

Peringati Hari Anak Sedunia, PLN Terangi Harapan Anak Lewat Donasi Buku di Kalteng

Berita Terbaru