Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!

- Editor

Kamis, 16 Januari 2025 - 17:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANJUNGPURA.ID (JAKARTA)  — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengumumkan berbagai capaian dari program Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia sepanjang tahun 2024. Program ini telah menunjukkan upaya strategis dalam memperkuat citra merek Wonderful Indonesia di ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi dengan para mitra co-branding.

Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!
Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!

Tahun ini, kerjasama kemitraan co-branding Wonderful Indonesia telah menginisiasi berbagai program seperti Wonderful Indonesia Berkah, School Break di 4 kota, Pesona Promo Merdeka, Pesona Indonesia Punya Kuis, Road to Mandalika, aktivasi 11.11 baik secara online maupun offline 4 kota, aktivasi Keep the Wonder x Co-branding Wonderful Indonesia, dan lain-lain. Dalam setiap aktivasi, belasan hingga puluhan mitra co-branding turut berpartisipasi lewat berbagai bentuk dukungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Aktivasi tersebut juga diiringi dengan puluhan aktivasi yang dilahirkan oleh para mitra co-branding. Ragam jenis aktivasi telah dijalankan, baik bersifat offline maupun online. Banyaknya jumlah aktivasi sejalan dengan bertambahnya jenama yang bergabung pada tahun ini. Wonderful Indonesia menutup tahun 2024 dengan 217 mitra yang telah resmi bergabung. Angka tersebut meningkat tajam dibanding tahun 2023 yaitu sejumlah 108 mitra. Hal ini menunjukan kemitraan co-branding merupakan program strategis yang menarik bagi banyak jenama; baik lokal, nasional, maupun internasional.

Awal mula program ini muncul pada tahun 2017, kerja sama kemitraan co-branding masih berada dalam lingkup industri pariwisata saja. Namun, saat ini ruang kerja samanya semakin meluas bukan hanya dari sisi industri, melainkan juga ragam aktivitas. Apabila pada masa lalu kreasi programnya sebatas mencantumkan logo Wonderful Indonesia saja, kali ini lebih lengkap dengan adanya kegiatan experiential, advocacy, dan exhibition.

Baca Juga :  Blusukan di Pasar Teratai Pontianak, Midji Bikin Heboh Warga

Selain dari latar belakang geografis jenama, capaian lain yang ditorehkan oleh program ini adalah beragamnya skala bisnis dari masing-masing jenama. Wonderful Indonesia membuka kesempatan bagi UMKM di dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berkontribusi. Luasnya jangkauan mengenai program ini selain diakibatkan oleh banyaknya jumlah aktivasi adalah forum antar brand yang rutin dilakukan setiap tahun. Tahun 2024, Wonderful Indonesia sukses menyelenggarakan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) 1 & II. Kegiatan ini menjadi kesempatan berjejaring dengan para mitra, sekaligus mengundang calon mitra.

Dampak yang dirasakan bukan hanya oleh para mitra co-branding, melainkan juga masyarakat yang memperoleh manfaat dari program-program kolaborasi. Secara tidak langsung, program ini menjadi penggerak roda perekonomian nasional melalui produk atau jasa yang dihasilkan. Kemudian, tahun ini terasa lebih spesial karena Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia mengarahkan program kolaborasi ke arah pariwisata berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan program Kemitraan Co-Branding tahun 2024 mencapai puncaknya pada Wonderful Indonesia Co-Branding Awards (WICA) di Jakarta 29 November yang lalu. Apresiasi diberikan kepada para mitra atas usaha mereka untuk aktif, kontributif, dan partisipatif terhadap program ini melalui 4 kategori yang disediakan.

Baca Juga :  Serahkan Bansos Tunai, Prioritaskan Kesejahteraan Warga

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini dalam keterangannya menyuarakan harapan bagi program ini di tahun 2025. “Selain bertambah dari sisi kuantitas, saya harap program ini meningkat dari sisi kualitas, baik mitra maupun produk atau jasa yang dihasilkan”. Wanita asal Bali juga mengungkapkan peran para mitra co-branding bagi target pemerintah di tahun mendatang. “Semoga dukungan dan partisipasi rekan-rekan mitra dapat berkontribusi positif pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, sirkulasi nusantara, dan spending mereka di Indonesia”, pungkas Made.

Peningkatan dari sisi jumlah, latar belakang, sektor, kualitas dari para mitra co-branding tentu akan diharapkan mampu memperkaya manfaat bagi banyak pihak, khususnya wisatawan. Kemenparekraf mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang telah berkontribusi dalam perjalanan luar biasa ini. Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia bukan hanya strategi pemasaran, tetapi juga wujud nyata dari kolaborasi untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Berita Terkait

Satgas Yonko 465 Kopasgat Bersama TNI-Polri dan Pemda Puncak Jaya Gelar Rapat Koordinasi
Dukung Pembinaan Usia Dini, FORSGI Ketapang Sukses Gelar Turnamen Sepak Bola
Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Dogiyai Diluncurkan, Prajurit Yonko 465 Kopasgat Hadir Beri Dukungan
Tragis, Bocah Hilang Ditemukan Tak Bernyawa 371 Meter Dari Lokasi Bermain
Kedatangan Jemaah Haji Kapuas Hulu Disambut Bupati dengan Rasa Syukur dan Harapan
122 Atlet Ikuti Seleksi Nasional Handball Indoor Youth dan Junior Women Asia
Pelatihan Sertifikasi Petugas Damkar Perkuat Budaya K3
Sejumlah Wilayah Kalbar Diperkirakan Alami Hujan Petir dan Suhu Ekstrem
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 13 Juli 2025 - 13:09 WIB

Satgas Yonko 465 Kopasgat Bersama TNI-Polri dan Pemda Puncak Jaya Gelar Rapat Koordinasi

Minggu, 13 Juli 2025 - 07:25 WIB

Dukung Pembinaan Usia Dini, FORSGI Ketapang Sukses Gelar Turnamen Sepak Bola

Sabtu, 12 Juli 2025 - 13:57 WIB

Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Dogiyai Diluncurkan, Prajurit Yonko 465 Kopasgat Hadir Beri Dukungan

Jumat, 11 Juli 2025 - 18:49 WIB

Tragis, Bocah Hilang Ditemukan Tak Bernyawa 371 Meter Dari Lokasi Bermain

Jumat, 11 Juli 2025 - 18:47 WIB

Kedatangan Jemaah Haji Kapuas Hulu Disambut Bupati dengan Rasa Syukur dan Harapan

Jumat, 11 Juli 2025 - 18:45 WIB

Pelatihan Sertifikasi Petugas Damkar Perkuat Budaya K3

Jumat, 11 Juli 2025 - 18:44 WIB

Sejumlah Wilayah Kalbar Diperkirakan Alami Hujan Petir dan Suhu Ekstrem

Jumat, 11 Juli 2025 - 12:30 WIB

Yonko 465 Kopasgat Kawal Kunjungan Gubernur Papua Tengah di Paniai,

Berita Terbaru