Kolaborasi juga terjalin dengan LALIGA, La Liga Portugal, Royal Moroccan Football Federation, serta perpanjangan kontrak kerja sama dengan ATP Tour; Haier semakin gencar menempuh strategi kemitraan olahraga berskala dunia
TANJUNGPURA (BERLIN, 7 September 2025) — Haier, mencatat volume penjualan ritel alat elektronik No.1 di pasar global, hari ini mengumumkan kemitraan global selama beberapa tahun dengan Liverpool Football Club dan Paris Saint-Germain. Kemitraan ini menyatukan dua klub sepakbola dengan jumlah penggemar terbanyak di dunia, serta sebuah merek elektronik yang dikenal dengan inovasi yang mengutamakan pengguna.
Haier Signs New Partnerships in the World of Football with Liverpool Football Club and Paris Saint-Germain
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Hari ini, di IFA Berlin, sejumlah eksekutif dari kedua klub bergabung bersama Haier untuk menyaksikan peluncuran strategi baru, serta mengumumkan kolaborasi yang telah terjalin kepada dunia. Lewat kolaborasi ini, logo Haier akan tampil di seluruh stadion, platform digital dan ritel; mewujudkan pengalaman eksklusif bagi para penggemar; serta mengeksplorasi kerja sama produk smart home yang menghadirkan energi pertandingan sepakbola dalam kehidupan sehari-hari.
“Kami gembira meningkatkan strategi ‘sports marketing’ lewat kolaborasi yang terjalin dengan Liverpool Football Club dan Paris Saint-Germain – dua klub juara yang paling ternama di dunia. Kegigihan kedua klub ini dalam mengejar keunggulan dan semangat berinovasi sangat sejalan dengan prinsip bisnis Haier, serta komitmen kami untuk membangun sebuah merek yang benar-benar mendunia. Melalui kolaborasi tersebut, kami ingin menghadirkan inspirasi, mempererat hubungan, serta menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi para penggemar dan konsumen di seluruh dunia,” ujar Haishan Liang, Vice Chairman, Board of Directors & President, Haier Group. “Tim terbaik meraih kemenangan berkat presisi, kerja tim, dan selalu meningkatkan diri. Kami juga mengembangkan produk lewat prinsip-prinsip serupa: desain yang mengutamakan manusia, didukung teknologi, serta telah teruji dalam penggunaan sehari-hari.”
“Haier adalah merek terkemuka di dunia yang ambisius dan inovatif. Kami menyambut Haier dalam keluarga besar LFC,” kata Ben Latty, Chief Commercial Officer, Liverpool Football Club. “Sebagai merek alat elektronik ternama, Haier telah membangun reputasi sebagai merek bermutu, serta memiliki jangkauan yang kuat di berbagai pasar di seluruh dunia. Jangkauan global ini sesuai dengan basis penggemar global Liverpool Football Club. Kami gembira atas kolaborasi yang telah terjalin, serta ingin terus bekerja sama dengan Haier.”
“Kami sangat gembira menyambut Haier dalam keluarga besar Paris Saint-Germain,” ujar Richard Heaselgrave, Chief Revenue Officer, Paris Saint-Germain. “Sebagai merek alat elektronik terkemuka di dunia, Haier telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari berbagai orang. Lewat kolaborasi ini, Paris Saint-Germain semakin mempererat hubungan dengan para penggemar di seluruh dunia, baik di stadion atau rumah.”
Di dunia sepakbola, Haier juga bermitra dengan LALIGA—salah satu liga sepakbola yang paling banyak ditonton di dunia—, Liga Portugal—salah satu liga nasional dengan perkembangan terpesat di Eropa—, serta Royal Moroccan Football Federation—tim nasional yang berada di peringkat atas di Afrika untuk meningkatkan visibilitas merek Haier di pasar global. Sederet kemitraan ini melambangkan peran strategis Spanyol, Portugal, dan Maroko dalam strategi Haier di dunia sepakbola.
Sebagai bagian dari strategi pengembangan merek Haier di dua cabang olahraga, termasuk tenis, Haier juga memperpanjang kemitraan strategis dengan ATP Tour hingga 2028. Portofolio turnamen ATP Tour antara lain: Plava Laguna Croatia Open (Umag), ABN Amro Open (Rotterdam), BMW Open (Munich), serta kompetisi bergengsi yang digelar pada akhir musim Nitto ATP Finals di Turin. Setelah perpanjangan kontrak kerja sama tersebut, logo Haier akan terus tampil di sisi lapangan tenis, layanan perhotelan premium, serta integrasi produk di lokasi turnamen di beberapa ajang yang digelar ATP Tour. Dengan demikian, kolaborasi ini menjadi platform global yang menampilkan berbagai inovasi gaya hidup pintar terbaru. Haier turut tampil dalam kanal-kanal digital ATP, menjangkau audiens daring yang mencakup lebih dari satu miliar. Di cabang olahraga tenis, Haier terus berkolaborasi dengan Roland-Garros dan Rolex Paris Masters, serta Mutua Madrid Open sehingga tenis selalu menjadi unsur premium dalam strategi global Haier.
Sebagai bagian dari babak yang baru, peran Haier pun semakin luas sebagai “ATP Gold Partner”, tak hanya pada kategori Alat Elektronik, namun kini juga mencakup kategori Perangkat Hiburan di Rumah & TV sehingga memperkuat visibilitas merek Haier pada berbagai kategori produk, serta memperluas interaksi dengan basis penggemar global.
“Perpanjangan kontrak kerja sama dengan Haier membuktikan manfaat dan pengaruh dari kolaborasi yang telah terjalin hingga saat ini,” papar Rodolphe Tastet, Vice President, Partnerships, ATP. “Sejak pertama kali berkolaborasi pada 2023, kami telah bekerja sama untuk menampilkan teknologi premium Haier kepada audiens global ATP. Kami bangga melanjutkan momentum positif tersebut, serta memperkuat komitmen kami pada inovasi dan keunggulan.”
Kemitraan yang terjalin antara Haier dan turnamen tenis bergengsi dan berskala dunia muncul dari prinsip-prinsip yang sama-sama dipegang, seperti keunggulan, presisi, serta tekad untuk meraih performa terbaik. Sederet kualitas ini menjadi daya saing sang pemenang dan solusi-solusi terkoneksi dari Haier: perpaduan ideal antara teknik, superioritas, dan ekspresi gaya.
Lewat kolaborasi bersama Liverpool Football Club dan Paris Saint-Germain, perpanjangan kontrak kerja sama jangka panjang dengan ATP Tour dan beberapa turnamen internasional bergengsi, serta pengaruh yang kian luas di LALIGA, Liga Portugal, dan perkembangan sepakbola Maroko, Haier tak sekadar bersanding dengan para juara — namun juga membuktikan bahwa merek elektronik No.1 di dunia berada pada level yang sama dengan sejumlah klub dan atlet No.1 dunia. Secara kolaboratif, Haier mengubah energi yang berada di sisi lapangan menjadi gaya hidup yang lebih cerdas dan terkoneksi di rumah. Keunggulan dapat dijumpai di setiap tempat — menjalani kehidupan, menikmati keseruan, serta meraih kemenangan bersama sosok-sosok unggulan di Markas Para Juara. Bukan program yang berdiri sendiri-sendiri, sederet kolaborasi tersebut menjadi bagian dari babak baru dalam sejarah Haier dan dunia olahraga, sebuah perjalanan yang berlandaskan prinsip bahwa olahraga merupakan sarana terbaik untuk menghadirkan inspirasi, mempererat hubungan, serta menciptakan semangat bersama. Kolaborasi tersebut turut memperkuat kerja sama sponsor yang telah dikembangkan Haier di cabang-cabang olahraga sepakbola, tenis, voli, dan lain-lain. Lewat langkah tersebut, Haier membuktikan pendekatan kolaborasi yang unik: memilih platform yang senada dengan prinsip-prinsip mereknya, yakni keunggulan, kerja tim, dan peningkatan kontinu.
Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Candy – kini menjadi bagian dari Haier Eropa – menjadi sponsor utama Liverpool Football Club, sebuah era yang hingga saat ini menjadi salah satu lembaran ikonik dalam sejarah LFC. Lewat kolaborasi yang diumumkan pada hari ini, kisah tersebut tersambung kembali, serta memperkuat relasi Haier Group yang telah lama eksis dengan dunia sepakbola, serta komunitas penggemar global.
HAIER MELEKAT DENGAN DUNIA OLAHRAGA
Haier melekat dengan olahraga sehingga mencerminkan identitas merek yang luas, strategis, dan global dalam berbagai cabang olahraga. Mulai dari lapangan voli di Tiongkok hingga lapangan tanah liat di turnamen Roland-Garros, mulai dari stadion kriket di Asia Selatan hingga stadion sepakbola di Eropa dan Afrika, Haier telah membangun model kerja sama sponsor yang beradaptasi dengan selera lokal, serta memperkuat visi globalnya. Filosofi ini tecermin dari portofolio luas Haier yang masing-masing mampu memenuhi kebutuhan nyata konsumen sekaligus menghargai perbedaan kultural dan kebiasaan lokal.
Mulai dari mesin cuci yang dirancang khusus untuk merawat bahan pakaian tradisional yang halus, atau penyejuk udara yang masih berfungsi bahkan ketika lonjakan daya terjadi, setiap solusi Haier meningkatkan kehidupan berbagai orang di mana saja.
Visi serupa menjadi panduan dari strategi Haier dalam menjalin kerja sama sponsor: portofolio kemitraan yang mencerminkan selera pasar lokal sekaligus memenuhi misi global. Mulai dari lapangan sepakbola hingga lapangan tenis, mulai dari Eropa hingga Asia dan Afrika, Haier berinvestasi pada berbagai platform yang relevan dengan kehidupan masyarakat, serta mengubah olahraga sebagai bahasa universal yang menyatukan teknologi, kebudayaan, dan hubungan emosional lewat satu kisah bersama: Bermain bersama Para Pemenang.
Tentang Haier Group
Berdiri pada 1984, Haier Group adalah perusahaan terkemuka di dunia yang mewujudkan kehidupan yang lebih baik lewat solusi transformasi digital. Dengan slogan “More Creation, More Possibilities”, Haier selalu mengutamakan pengguna, serta mengembangkan industri dengan tiga pilar: Gaya Hidup Pintar, Industri Kesehatan yang Lengkap, serta Industri Ekonomi Digital. Haier telah membangun 10 pusat litbang (R&D), 35 kawasan industri, dan 163 pabrik. Haier mencatatkan pendapatan global USD 55,9 miliar pada 2024. Haier telah tercantum dalam daftar “Kantar BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands” selama tujuh tahun berturut-turut. Lebih lagi, Haier telah berada pada posisi No.1 dalam daftar “Euromonitor Global Major Appliances Brand” selama 16 tahun berturut-turut. Haier memiliki delapan perusahaan yang terdaftar di bursa-bursa efek. Anak usaha Haier, Haier Smart Home tercantum dalam daftar “Fortune Global 500” dan “Fortune World’s Most Admired Companies”.
Tentang Liverpool Football Club
Berdiri pada 1892, Liverpool Football Club merupakan salah satu klub sepakbola yang paling legendaris dan ternama di dunia. Liverpool Football Club telah meraih 20 gelar, termasuk Premier League, delapan gelar FA Cups, 10 League Cups, enam European Cups, tiga UEFA Cups, empat European Super Cups, 16 Charity Shields, dua gelar Women’s Super League, serta satu gelar Women’s Championship. Sebagai klub sepakbola yang memegang tanggung jawab sosial, Liverpool Football Club memiliki kebanggaan atas kiprah yang telah ditempuh melalui The Red Way yang telah sukses meraih penghargaan. Lewat The Red Way, Liverpool Football Club berkomitmen menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk manusia, bumi, dan komunitas. Langkah ini mencakup upaya meningkatkan keberlanjutan di seluruh klub, mendorong prinsip-prinsip Kesetaraan, Kemajemukan, & Inklusi dalam berbagai aspek, serta meningkatkan kehidupan anak-anak dan generasi muda di Merseyside dan tempat-tempat lain melalui lembaga amal resmi, LFC Foundation.
Tentang Paris Saint-Germain
Berdiri pada 1970, serta untuk pertama kalinya meraih gelar UEFA Champions League pada 2025, Paris Saint-Germain (PSG) adalah klub sepakbola tersukses di Perancis, serta salah satu kekuatan utama di sepakbola Eropa. Dimiliki Qatar Sports Investments (QSI) sejak 2011, PSG telah berkembang sebagai institusi yang aktif dalam berbagai cabang olahraga, baik sepakbola pria dan perempuan, bola tangan, judo, dan Esports. Pada 2022, Arctos Partners asal Amerika Serikat berinvestasi pada PSG guna mendukung strategi pertumbuhan jangka panjang. Dengan basis penggemar global yang mencapai lebih dari 500 juta, serta follower media sosial yang mencapai lebih dari 230 juta, PSG telah menjadi sebuah ikon kultural yang bergerak di sektor olahraga, fesyen, dan hiburan. Lewat kolaborasi bersama merek-merek global, seperti Jordan, PSG memperkuat status sebagai merek gaya hidup ternama di dunia. Pada 2024, PSG meresmikan Paris Saint-Germain Campus, fasilitas mutakhir yang menjadi standar baru dalam pembinaan dan performa atlet. Sebagai Klub Generasi Baru, Paris Saint-Germain memadukan keunggulan olahraga, pengaruh kultural, serta dampak sosial yang positif guna membangun masa depan dunia olahraga dan masyarakat.
Tentang ATP
ATP melayani cabang olahraga tenis. Sebagai lembaga yang mengatur ATP Tour dan ATP Challenger Tour, ATP menghibur satu miliar penggemar global, menampilkan berbagai pemain terbaik di dunia dalam turnamen bergengsi, serta menginspirasi generasi baru di cabang olahraga tenis. Mulai dari United Cup di Australia hingga Eropa, Amerika, dan Asia, para bintang tenis bersaing memperebutkan gelar juara, serta poin “PIF ATP Rankings” dalam turnamen ATP Masters 1000, 500, dan 250, serta Grand Slams. Rangkaian turnamen ini ditutup Nitto ATP Finals, babak final bergengsi yang berlangsung di Turin, Italia. Diikuti hanya delapan pemain tunggal dan ganda terbaik sepanjang musim, Nitto ATP Finals menjadi kesempatan bagi para pemain untuk meraih gelar “ATP World No.1”, dipersembahkan oleh PIF, sebagai pencapaian tertinggi di tenis. Informasi selengkapnya: www.ATPTour.com.