Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!

- Editor

Kamis, 16 Januari 2025 - 17:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANJUNGPURA.ID (JAKARTA)  — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengumumkan berbagai capaian dari program Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia sepanjang tahun 2024. Program ini telah menunjukkan upaya strategis dalam memperkuat citra merek Wonderful Indonesia di ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi dengan para mitra co-branding.

Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!
Kaleidoskop Co-Branding Wonderful Indonesia: 2024 Tinggalkan Capaian, 2025 Munculkan Harapan!

Tahun ini, kerjasama kemitraan co-branding Wonderful Indonesia telah menginisiasi berbagai program seperti Wonderful Indonesia Berkah, School Break di 4 kota, Pesona Promo Merdeka, Pesona Indonesia Punya Kuis, Road to Mandalika, aktivasi 11.11 baik secara online maupun offline 4 kota, aktivasi Keep the Wonder x Co-branding Wonderful Indonesia, dan lain-lain. Dalam setiap aktivasi, belasan hingga puluhan mitra co-branding turut berpartisipasi lewat berbagai bentuk dukungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Aktivasi tersebut juga diiringi dengan puluhan aktivasi yang dilahirkan oleh para mitra co-branding. Ragam jenis aktivasi telah dijalankan, baik bersifat offline maupun online. Banyaknya jumlah aktivasi sejalan dengan bertambahnya jenama yang bergabung pada tahun ini. Wonderful Indonesia menutup tahun 2024 dengan 217 mitra yang telah resmi bergabung. Angka tersebut meningkat tajam dibanding tahun 2023 yaitu sejumlah 108 mitra. Hal ini menunjukan kemitraan co-branding merupakan program strategis yang menarik bagi banyak jenama; baik lokal, nasional, maupun internasional.

Awal mula program ini muncul pada tahun 2017, kerja sama kemitraan co-branding masih berada dalam lingkup industri pariwisata saja. Namun, saat ini ruang kerja samanya semakin meluas bukan hanya dari sisi industri, melainkan juga ragam aktivitas. Apabila pada masa lalu kreasi programnya sebatas mencantumkan logo Wonderful Indonesia saja, kali ini lebih lengkap dengan adanya kegiatan experiential, advocacy, dan exhibition.

Baca Juga :  Kunjungi SPKLU di Banten, Menteri ESDM Apresiasi Kesiapan PLN Sambut Mudik Lebaran 2025

Selain dari latar belakang geografis jenama, capaian lain yang ditorehkan oleh program ini adalah beragamnya skala bisnis dari masing-masing jenama. Wonderful Indonesia membuka kesempatan bagi UMKM di dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berkontribusi. Luasnya jangkauan mengenai program ini selain diakibatkan oleh banyaknya jumlah aktivasi adalah forum antar brand yang rutin dilakukan setiap tahun. Tahun 2024, Wonderful Indonesia sukses menyelenggarakan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) 1 & II. Kegiatan ini menjadi kesempatan berjejaring dengan para mitra, sekaligus mengundang calon mitra.

Dampak yang dirasakan bukan hanya oleh para mitra co-branding, melainkan juga masyarakat yang memperoleh manfaat dari program-program kolaborasi. Secara tidak langsung, program ini menjadi penggerak roda perekonomian nasional melalui produk atau jasa yang dihasilkan. Kemudian, tahun ini terasa lebih spesial karena Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia mengarahkan program kolaborasi ke arah pariwisata berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan program Kemitraan Co-Branding tahun 2024 mencapai puncaknya pada Wonderful Indonesia Co-Branding Awards (WICA) di Jakarta 29 November yang lalu. Apresiasi diberikan kepada para mitra atas usaha mereka untuk aktif, kontributif, dan partisipatif terhadap program ini melalui 4 kategori yang disediakan.

Baca Juga :  Buka Turnamen Volleyball Kalimas Cup, Midji Cerita Pernah Bergabung di Klub Voli Terkuat di Pontianak

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini dalam keterangannya menyuarakan harapan bagi program ini di tahun 2025. “Selain bertambah dari sisi kuantitas, saya harap program ini meningkat dari sisi kualitas, baik mitra maupun produk atau jasa yang dihasilkan”. Wanita asal Bali juga mengungkapkan peran para mitra co-branding bagi target pemerintah di tahun mendatang. “Semoga dukungan dan partisipasi rekan-rekan mitra dapat berkontribusi positif pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, sirkulasi nusantara, dan spending mereka di Indonesia”, pungkas Made.

Peningkatan dari sisi jumlah, latar belakang, sektor, kualitas dari para mitra co-branding tentu akan diharapkan mampu memperkaya manfaat bagi banyak pihak, khususnya wisatawan. Kemenparekraf mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang telah berkontribusi dalam perjalanan luar biasa ini. Kemitraan Co-Branding Wonderful Indonesia bukan hanya strategi pemasaran, tetapi juga wujud nyata dari kolaborasi untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Berita Terkait

Semangat Sumpah Pemuda! Bunda PAUD Kubu Raya Dorong Anak Hebat dan Sehat Lewat Porseni
Bupati Sujiwo: Pemkab Kubu Raya Siap Dukung Penuh Instansi Vertikal untuk Pelayanan Publik
Imigrasi Entikong Tanam Semangat Sumpah Pemuda Lewat Gerakan “Satu Anak Satu Pohon”
UNIQLO Indonesia Hadirkan Koleksi UT Terbaru dari Film ZOOTOPIA Karya Disney Mulai 24 November 2025
Bunda PAUD Kubu Raya: Setiap Anak Adalah Pemenang, Mari Dukung Tumbuh Kembang Mereka
Nasabah BNI Keluhkan Ketidaksesuaian Kredit Modal Kerja, Rugi Hingga Miliaran Rupiah
Sinergi PKK dan Pemprov Kalbar Hadirkan Bantuan Rumah Layak Huni untuk Warga Kubu Raya
Hangat, Ringan, dan Lembut: Inovasi HEATTECH Cashmere Blend dari UNIQLO Hadirkan Kemewahan yang Fungsional
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 2 November 2025 - 06:40 WIB

Semangat Sumpah Pemuda! Bunda PAUD Kubu Raya Dorong Anak Hebat dan Sehat Lewat Porseni

Jumat, 31 Oktober 2025 - 05:41 WIB

Bupati Sujiwo: Pemkab Kubu Raya Siap Dukung Penuh Instansi Vertikal untuk Pelayanan Publik

Kamis, 30 Oktober 2025 - 17:31 WIB

Imigrasi Entikong Tanam Semangat Sumpah Pemuda Lewat Gerakan “Satu Anak Satu Pohon”

Kamis, 30 Oktober 2025 - 17:28 WIB

UNIQLO Indonesia Hadirkan Koleksi UT Terbaru dari Film ZOOTOPIA Karya Disney Mulai 24 November 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 08:03 WIB

Bunda PAUD Kubu Raya: Setiap Anak Adalah Pemenang, Mari Dukung Tumbuh Kembang Mereka

Selasa, 28 Oktober 2025 - 16:04 WIB

Sinergi PKK dan Pemprov Kalbar Hadirkan Bantuan Rumah Layak Huni untuk Warga Kubu Raya

Selasa, 28 Oktober 2025 - 07:17 WIB

Hangat, Ringan, dan Lembut: Inovasi HEATTECH Cashmere Blend dari UNIQLO Hadirkan Kemewahan yang Fungsional

Minggu, 26 Oktober 2025 - 10:00 WIB

Fokus di Sektor Pertanian, Perkebunan, dan Pertambangan, PT Laara Star World Sapa Kubu Raya

Berita Terbaru