TANJUNGPURA.ID (JAKARTA) – Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO pada 15 September 2024 lalu menggelar acara istimewa di Museum of Modern Art (MoMA), New York City, yang bertepatan dengan peringatan 20 tahun beroperasinya UNIQLO di Amerika Serikat. Acara yang bertajuk The Art and Science of LifeWear ini diselenggarakan bersama dengan mitra strategis UNIQLO dalam bidang teknologi, Toray Industries, untuk menampilkan n teknologi dan inovasi unik di balik setiap koleksi UNIQLO LifeWear.
Acara ini juga menyoroti berbagai kolaborasi global yang terus mendorong evolusi LifeWear, termasuk menghadirkan penampilan perdana Cate Blanchett sebagai Global Brand Ambassador terbaru UNIQLO, hingga pengumuman kejutan spesial lainnya mengenai penunjukkan Seniman Kontemporer KAWS sebagai Artist In Residence pertama. (23/9/2025).
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam pidato utamanya di acara tersebut, UNIQLO Founder and Chairman, President & CEO of Fast Retailing, Tadashi Yanai, menyampaikan,“”Hari ini menandai peringatan 20 tahun sejak UNIQLO membuka toko pertamanya di Amerika Serikat pada tahun 2005. Dalam peringatan ini, sebuah kebanggaan besar bagi dapat menghadirkan LifeWear di Museum of Modern Art, New York, sebuah institusi ikonik yang telah menjadi mitra UNIQLO selama lebih dari satu dekade. Sejak pertama kali UNIQLO hadir, misi kami adalah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui pakaian. LifeWear sendiri merupakan perwujudan nyata dari misi tersebut yang dibangun di atas fondasi kemitraan erat kami dengan Toray. Ke depannya, kami akan terus bekerja sama dengan Toray untuk menghadirkan pakaian yang relevan dengan perubahan gaya hidup, hingga memberikan nilai nyata dan manfaat sesungguhnya bagi pelanggan.””
Turut serta dalam acara tersebut, Presiden Toray Industries, Inc., Mitsuo Ohya, menyampaikan bahwa “Toray mulai bekerja sama dengan UNIQLO pada tahun 1999 dan menjalin kemitraan strategis pada tahun 2006. Visi kami adalah menciptakan pakaian yang mampu meningkatkan kualitas hidup setiap orang menjadi lebih baik. Untuk menghadirkan LifeWear ikonik yang menginspirasi dunia, kami senantiasa berkomitmen untuk terus mendorong batas teknologi serta membuka potensi material guna menghadirkan nilai baru.””
Diskusi Panel Bersama Global Brand Ambassadors
Setelah pidato utama, acara dilanjutkan dengan diskusi panel khusus bersama Global Brand Ambassador UNIQLO, Roger Federer dan Cate Blanchett, dengan dipandu langsung oleh Creative Director UNIQLO, Clare Waight Keller. Diskusi Ini menjadi penampilan publik perdana Blanchett sejak penunjukannya sebagai Global Brand Ambassador, pada Agustus lalu. Dalam percakapan yang hangat, para panelis menyampaikan perspektif mereka mengenai arti kolaborasi bersama UNIQLO serta hal-hal apa yang membuat mereka antusias terhadap masa depan.
Dalam kesempatan tersebut juga, Cate Blanchett mengungkapkan, “Memiliki pakaian berkualitas yang dibuat dengan sangat baik seharusnya tidak dianggap sebagai sebuah kemewahan, dan saya percaya, itulah DNA sejati dari UNIQLO.”
KAWS Bergabung sebagai Artist In Residence Pertama UNIQLO
Sebagai penutup acara, UNIQLO mengumumkan penunjukan KAWS sebagai Artist In Residence pertama. Seniman kontemporer ini kemudian naik ke atas panggung untuk berbicara mengenai peran barunya, yang akan memperkuat inisiatif UNIQLO melalui program seni yang diadakan di toko-toko UNIQLO di seluruh dunia serta kolaborasi bersama dengan berbagai mitra museum UNIQLO. Sebagai Seniman Residen, KAWS juga akan berkontribusi dalam pengembangan produk LifeWear di masa mendatang, dengan koleksi perdana yang akan hadir pada musim Fall/Winter 2025.
“Suatu kebanggaan bagi saya dapat melangkah lebih jauh, dan menjadi Artist In Residence pertama, bersama mitra lama saya, UNIQLO. Melalui peran ini, saya berharap dapat terhubung dengan berbagai komunitas seni, serta para kreator global untuk menghadirkan generasi baru kolaborator UNIQLO,” ujar KAWS mengenai penunjukan barunya. “Saya juga menantikan kesempatan untuk dapat mengembangkan berbagai inovasi baru dalam LifeWear.””
“Di dunia yang terus berkembang, seni kini menjadi lebih penting dan bermakna sebagai wujud ekspresi kemanusiaan kita. KAWS telah menembus batas-batas tradisional dunia seni, sebagaimana UNIQLO berupaya mendefinisikan ulang industri pakaian melalui LifeWear,” ujar John C Jay, President of Global Creative of Fast Retailing. “Sebagai Artist In Residence, KAWS akan membantu UNIQLO memperluas apresiasi dan partisipasi global terhadap seni dan kreativitas untuk semua orang.”
Acara ini juga mengajak para undangan untuk menjelajahi instalasi interaktif yang menampilkan tiga pilar utama LifeWear. Di area Technology For All menyoroti inovasi hasil kolaborasi UNIQLO dan Toray. Kemudian, Art For All merayakan generasi baru kemitraan UNIQLO dengan MoMA. Terakhir, Heart For All menegaskan komitmen UNIQLO untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh dunia melalui LifeWear.