TANJUNGPURA.ID (BONTANG) – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan melalui tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Balikpapan melakukan penggantian isolator yang mengalami flashover pada tower 16 Line Transmisi Teluk Pandan – Sangatta, Bontang, Kalimantan Timur (12/11)
Dhany Priatna, Manager UPT Balikpapan menjelaskan flashover sendiri adalah kondisi terjadinya lonjakan arus listrik yang menyebabkan isolator pada jaringan transmisi rusak dan berisiko mengganggu pasokan listrik. Oleh karena itu dengan mengusung semangat hari pahlawan, timnya segera melakukan upaya perbaikan tanpa padam untuk meminimalisir potensi gangguan yang terjadi.
“Pekerjaan tanpa padam ini menuntut konsentrasi dan mental yang kuat seperti kegigihan para pahlawan nasional kita, karena harus berdampingan dengan tegangan tinggi 150 kilo Volt (kV) yang bisa mengancam nyawa” ungkap Dhany.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dhany menjelaskan pekerjaan tanpa padam yang memakan waktu 2 (dua) jam ini hanya boleh dilakukan petugas PDKB yang berkompeten dan bersertifikasi karena selain mengancam nyawa juga dapat mengganggu penyaluran listrik ke pelanggan, apabila tidak hati-hati dalam proses pekerjaannya.
“Selain 5 (lima) petugas PDKB yang bertugas, pekerjaan ini juga diawasi oleh 1 (satu) pengawas pekerjaan dan 1 (satu) pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk memastikan pekerjaan sesuai Standar Operasional Pekerjaan (SOP) yang berlaku” jelas Dhany.
Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan mengapresiasi kesigapan para pejuang keandalan UPT Balikpapan dalam mengatasi permasalahan isolator yang rusak akibat flashover tersebut.
“Meskipun dengan risiko yang tinggi, tim UPT Balikpapan berhasil menyelesaikan perbaikan tersebut tanpa mengindahkan ketentuan dan SOP yang berlaku sehingga pekerjaan dapat selesai tanpa adanya anomali lain yang terjadi” jelas Salam.
Salam menambahkan dedikasi tim UPT Balikpapan melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan merupakan wujud komitmen PLN yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, sehingga secara optimal mengupayakan pekerjaan yang tidak menimbulkan padam di sisi pelanggan.
“Kami akan terus berinovasi dan berupaya untuk memastikan keandalan listrik ke pelanggan terus terjaga sehingga masa depan Indonesia Emas yang diperjuangkan oleh para pahlawan yang mendahului kita dapat terwujud” pungkasnya.